Wednesday, March 21, 2012

Dasar Jaringan

[Dasar Jaringan] Topologi Jaringan

Topologi yaitu gambaran secara umum mengenai struktur hubungan antar komputer dalam suatu jaringan. Hubungan tersebut bisa berupa koneksi secara fisik maupun logis. Topologi logis pada suatu jaringan, akan menjelaskan bagaimana beberapa host berkomunikasi melalui sebuah media, dan aliran data yang akan di salurkan ke host yang lainnya. Ada dua tipe topologi logis yang umum, yaitu  broadcast dan token pasing.
a. Broadcast
Pada aliran data tipe ini, setiap host akan mengirimkan datanya ke semua host yang berada dalam satu jaringan. Tidak ada suatu aturan khusus dalam tipe ini, data yang pertama kali datang, akan pertama kali di layani (first come, first serve).
b. Token Pasing
Pada topologi logis yang kedua, sebuah token elektrik akan di kirimkan secara berurut ke setiap host yang berada dalam suatu jaringan. Ketika sebuah host menerima token tersebut, maka host bisa mengirimkan data ke jaringan atau host lainnya. Apabila host terserbut tidak mempunyai data untuk di kirimkan, maka akan di lewati oleh token tersebut, dan akan menuju ke host berikutnya, dan proses tersebut akan diulangi dengan sendirinya.  Dua buah contoh jaringan yang menggunakan metode ini adalah token ring dan Fiber Distributed Data Interface (FDDI).
Macam topologi jaringan, antara lain :

1. Topologi Bus
Topologi ini akan menggunakan satu jalur utama (backbone) yang akan menghubungkan antara satu ujung jaringan dengan ujung yang lainnya, dan semua host akan terhubung langsung ke jalur utama ini.Pada kedua ujung akan di pasangi tahan (termination resistor), yang akan menghidarkan dari pantulan, sehingga tidak akan menyebabkan gangguan terhadap lalulintas data. Untuk hubungan antar komputer dalam satu jaringan, digunakan konektor BNC tipe T, yang mempunyai cabang ke komputer berikutanya di dalam suatu jaringan.
Topology Bus
Topology Bus

Apabila salah satu node atau komputer mengalami kerusakan, maka aliran data ke titik selanjutanya juga akan terputus. Kabel yang digunakan adalah kabel koaksial, dengan kecepatan 10 Mbps

2. Topologi Bintang (Star)
Pada topologi ini, semua titik yang tergabung dalan suatu jaringan akan di hubungkan ke suatu titik, yang biasanya berupa alat jaringan, seperti hub atau switch. Dengan berkumpulnya lalulintas data ke satu titik ini, akan menjadikan alat jaringan tersebut menjadi sangat penting dan sangat sibuk, karena semua lalulintas data akan melewati alat tersebut. Apabila sampai ada kerusakan pada titik pusat tersebut, maka keseluruhan jaringan tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Media yang sering digunakan dalam koneksi dalam tipe topologi ini adalah kabel UTP kategori-5.
Topology Star
Topology Star

3. Topologi Star-Bus (Extended Star Topology)
Jenis topologi ini adalah penggabungan antara topologi star dan bus. Pada tipe topologi ini, menggunakan lebih dari satu titik pusat jaringan, jalur utama atau hubungan antara dua titik pusat jaringan, menggunakan hub atau switch. Sedangkan disetiap titik jaringan, akan dibuat jaringan sendiri dimana pusatnya adalah sebuah hub atau switch. Topologi ini memungkinkan untuk menggabungkan banyak titik pusat jaringan, sehingga bisa menghasilkan suatu jaringan yang besar.



Topology Extended Star
4. Topologi Lingkaran (Ring)
Jaringan dengan tipe ini hampir sama dengan tipe bus, namun diantara kedua ujung dari jaringan kembali saling bertemu. Apabila salah satu titik mengalami gangguan, maka aliran data bisa berbaik ke arah sebaliknya untuk menemukan alamat titik yang di tuju.

Ring Topology
Ring Topology

5. Topologi Mesh (Saling menghubungkan)
Jaringan dengan tipe mesh ini mempunyai jalur ganda, jadi setiap titik akan terhubung ke semua titik yang ada di jaringan. Topologi ini lebih menjamin ketersediaan koneksi antar titik, namun juga akan lebih sulit apabila di terapkan dalam jaringa yang besar.

Mesh Topology

Mesh Topology


Semoga Bermanfaat
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2013Bangun blogger Let's be smart. ∙ Designed by jhony Bangun
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0